Posted by: surryantodw | July 1, 2008

Peningkatan Kualitas Personel Dephan Melalui Kursus Intensif Bahasa Inggris I

Senin, 30 Juni 2008

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini menuntut kita untuk selalu proaktif terhadap segala perubahan yang terjadi di segala bidang, khususnya bidang informasi dan komunikasi. Untuk mengantisipasi segala perubahan tersebut, Dephan berupaya keras untuk meningkatkan kualitas personelnya, khususnya Pegawai Negeri Sipil antara lain melalui pendidikan bahasa Inggris khusus bagi PNS Dephan yang baru pertama kali dilaksanakan. Demikian dikatakan Marsekal Pertama TNI Iswahju Saleh Kapusdiklat Bahasa Badiklat Dephan dalam sambutannya pada upacara penutupan Kursus Intensif Bahasa Inggris I (KIBI) di lingkungan Dephan, Selasa (24/6), bertempat di Pusbasa Dephan, Jakarta. 

Lebih lanjut Kapusbasa menegaskan peran personel Dephan, khususnya Pegawai Negeri Sipil saat ini sangat penting karena sesuai dengan kebijakan Menteri Pertahanan RI bahwa PNS bukan lagi sebagai suplemen, melainkan sudah menjadi komplemen. Dengan demikian, tugas dan tanggung jawab PNS pada masa mendatang semakin berat sehingga Dephan membutuhkan personel yang berwawasan luas. 

Tantangan yang semakin berat menurut Kapusbasa bukan hanya terjadi pada penugasan di dalam negeri saja, tetapi juga penugasan keluar negeri yang memiliki nilai strategis serta bersifat internasional. Penugasan-penugasan tersebut menuntut kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Dengan demikian, peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi personel Dephan merupakan hal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. 

KIBI I bagi PNS Dephan yang dilaksanakan selama 15 minggu dimulai tanggal 11 Maret 2008 s.d. 24 Juni 2008 ini menggunakan dua metode pengajaran yaitu pelajaran teori dan pelajaran praktik. Pelajaran teori yang diberikan menggunakan metode ceramah dan diskusi sedangkan pelajaran praktik menggunakan ancangan komunikatif, ancangan audio-lingual dan metode campuran. Dengan menggunakan dua metode tersebut dapat dilihat hasil yang dicapai yaitu seluruh peserta yang berjumlah 30 orang dinyatakan lulus mengikuti Kursus Intensif Bahasa Inggris I bagi PNS Dephan T.A. 2008. 

Selain itu kepada para siswa yang berprestasi diberikan penghargaan khusus berupa Piagam Penghargaan dan kenang-kenangan dari Pusdiklat Bahasa Badiklat Dephan. Diakhir penghujung kursus diadakan lomba pidato (speech contest) dalam bahasa Inggris yang dimenangkan oleh Achmad Darwin, S.E sebagai juara pertama dan Endang Rahayu, S.Sos sebagai juara kedua, keduanya merupakan perwakilan dari kelas Intermediate (Kelas A). Sedangkan juara pertama dan kedua dalam kelas Elementary (kelas B) dimenangkan oleh S.R.M. Indah Permata S, S.E dan Muhammad Idris, S.Sos.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: